Tujuan Pembelajaran Khusus:
Peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi
pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar
Dewantara.
Pada fase ini peserta diajak
untuk meninjau ulang keseluruhan materi dari Pembelajaran 1
hingga Pembelajaran 6 dan memperkuat koneksi antar materi yang sudah Anda
pelajari. Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari
berbagai materi, ada penugasan yang perlu dilakukan. Penugasan
tersebut adalah sintesis dari berbagai materi yang sudah
dipelajari.
- Tinjau kembali tugas personal kerangka
pembelajaran yang telah dikembangkan pada fase Ruang
Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, dan Elaborasi
Pemahaman.
- Buatlah sebuah kesimpulan dan
penjelasan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang
Anda pelajari dalam modul ini.
- Buatlah sebuah refleksi dari pengetahuan
dan pengalaman baru yang Anda peroleh dalam modul ini dan
perubahan diri yang yang Andal alami dan akan Anda praktekan di sekolah
dan kelas Anda.
- Ceritakan (konstruksikan kembali)
proses pembelajaran dan suasana kelas yang mencerminkan pemikiran KH
Dewantara secara konkret sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di
kelas dan sekolah Anda.
- Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam
bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan
minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel,
ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel
dalam blog, dan lainnya
- Bacalah pertanyaan-pertanyaan panduan berikut
untuk membantu Anda membuat kaitan tersebut.
- Apa yang saya percaya tentang murid dan
pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?
Sebelum mempelajari
modul 1.1 ini saya mempercayai dan memiliki pemahaman bahwa
· Peserta didik merupakan sekumpulan anak yang tidak
bisa melakukan apa-apa sebelum ada perintah dari guru, mereka hanya bertugas
untuk mendengarkan materi dan mengerjakan tugas untuk mendapatkan nilai.
· Pembelajaran lebih dominan dikuasai oleh guru sebagai
sosok yang mahatahu karena harus menyelesaikan tuntutan materi pembelajaran dan
tuntutan kelengkapan administrasi sehingga terkadang mengabaikan bahwa dalam
pembelajaran ada tugas untuk mendidik selain mengajar.
2.
Apa yang berubah dari
pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini?
Pola pikir
tentang peserta didik dan pembelajaran
Berusaha
untuk mendengarkan, menjadi teman, dan penyemangat untuk peserta didik
Menuntun
peserta didik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jamannya
- Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik
agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD?
· Membuat kesepakatan kelas dan menggali minat serta
bakat peserta didik
· Menuntun peserta didik dalam pembelajaran bermakna
dengan memperhatikan nilai karakter dan sikap
· Membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, dengan
lebih kreatif dalam menyampaian materi pelajaran.
Komentar
Posting Komentar