1.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari  dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Pada fase ini peserta diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi dari Pembelajaran 1 hingga Pembelajaran 6 dan memperkuat koneksi antar materi yang sudah Anda pelajari.  Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada penugasan yang perlu dilakukan. Penugasan tersebut adalah sintesis dari berbagai materi yang sudah dipelajari.

  • Tinjau kembali tugas personal kerangka pembelajaran yang telah dikembangkan pada fase Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, dan Elaborasi Pemahaman. 
  • Buatlah sebuah kesimpulan dan penjelasan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang Anda pelajari dalam modul ini. 
  • Buatlah sebuah refleksi dari pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh dalam modul ini dan perubahan diri yang yang Andal alami dan akan Anda praktekan di sekolah dan kelas Anda.
  • Ceritakan (konstruksikan kembali) proses pembelajaran dan suasana kelas yang mencerminkan pemikiran KH Dewantara secara konkret sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di kelas dan sekolah Anda. 
  • Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam blog, dan lainnya
  • Bacalah pertanyaan-pertanyaan panduan berikut untuk membantu Anda membuat kaitan tersebut.
  1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempelajari modul 1.1?

Sebelum mempelajari modul 1.1 ini saya mempercayai dan memiliki pemahaman bahwa

·     Peserta didik merupakan sekumpulan anak yang tidak bisa melakukan apa-apa sebelum ada perintah dari guru, mereka hanya bertugas untuk mendengarkan materi dan mengerjakan tugas untuk mendapatkan nilai.

·     Pembelajaran lebih dominan dikuasai oleh guru sebagai sosok yang mahatahu karena harus menyelesaikan tuntutan materi pembelajaran dan tuntutan kelengkapan administrasi sehingga terkadang mengabaikan bahwa dalam pembelajaran ada tugas untuk mendidik selain mengajar.

2.   Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku saya setelah mempelajari modul ini? 

Pola pikir tentang peserta didik dan pembelajaran

Berusaha untuk mendengarkan, menjadi teman, dan penyemangat untuk peserta didik

Menuntun peserta didik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat jamannya

  1. Apa yang bisa segera saya terapkan lebih baik agar kelas saya mencerminkan pemikiran KHD? 

·       Membuat kesepakatan kelas dan menggali minat serta bakat peserta didik

·       Menuntun peserta didik dalam pembelajaran bermakna dengan memperhatikan nilai karakter dan sikap

·       Membuat pembelajaran menjadi menyenangkan, dengan lebih kreatif dalam menyampaian materi pelajaran.

 

 https://www.canva.com/design/DAEuRKnZvuA/iWjPvgeLRwwGiL9oLRmhXw/view?utm_content=DAEuRKnZvuA&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=homepage_design_menu

Komentar