Tujuan Pembelajaran
Khusus: Peserta mampu merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara
sebagai pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran.
Refleksi filosofis
pemikiran Ki Hadjar Dewantara menjadi penguatan bagi Anda dalam memperoleh
pengetahuan dan pengalaman baru sebagai pendidik dan pembelajar. Empat
pertanyaan pemantik akan menjadi panduan dalam refleksi terbimbing ini:
1. Apa
pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara
mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
Ki
Hajar Dewantara mengemukakan bahwa pendidikan merupakan suatu tuntunan di dalam
hidup anak (peserta didik). Yang berarti bahwa pertumbuhan hidup anak (peserta
didik) ada di luar kecakapan atau kehendak dari pendidik (guru). Karena anak –
anak (peserta didik) merupakan makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang
hidupnya menurut kodratnya masing – masing. Bahwa pendidikan
merupakan sebuah tuntunan di dalam hidup segala kekuatan kodrat yang ada pada
anak-anak (peserta didik) dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang
setinggi-tingginya sebagai manusia, maupun sebagai anggota masyarakat.
Pengetahuan
baru :
Ø Pendidikan
berhubungan berhubungan dengan kodrat keadaan yang berarti bahwa kondisi atau
keadaan anak (peserta didik) berbeda satu dengan yang lainnya.
Ø Sifat
atau tabiat anak (peserta didik) tidak dapat diubah kecuali oleh anak itu
sendiri
Ø Keinginan
dan kecakapan tiap anak berbeda, sehingga diperlukan perlakuan yang berbeda
pula agar tiap saat mendidik anak )peserta didik) agar selamat dan bahagia.
Pengalaman
baru :
Ø Kodrat
anak adalah merdeka, karena pengaruh pengajaran pada umumnya adalah memerdekakan
secara batin (pendidikan) dan memerdekakan lahirnya (pengajaran).
Ø Kodrat
anak adalah bermain, karena sebenarnya permaianan yang dilakukan oleh anak
dapat menjadi bagian dari pembelajaran. Dalam permaianan dengan
pikiran-perasaan-kemauan-tenaga didapatkan cipta, rasa, karsa atau
karya-pekerti.
Ø Pendidikan
berpihak pada anak (peserta didik) artinya guru sebagai pamong memberikan
segenap kemampuan daya dan upaya untuk membimbing, mengajar, dan mendidik,serta
memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada peserta didik untuk memperoleh
haknya sebagai seorang anak.
2. Apa kekuatan
saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?
Ø Optimis
dan semangat untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tuntutan jaman dan
teknologi.
Ø Percaya
diri untuk terus belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik untuk mewujudkan
merdeka belajar.
Ø Kreatif
dalam melaksanakan pembelajaran
Ø Berusaha
untuk selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak
Ø Siap
menerima masukan dan saran
3. Apa hal-hal
yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan
pengalaman baru ini?
Ø Pola
pikir, untuk dapat mengimplementasikan pengalaman belajar tentang merdeka
belajar menurut KHD agar terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.
Ø Memberikan
kebebasan terbimbing kepada anak (peserta didik) agar mereka lebih bisa
mandiri, kreatif
Ø Lebih
mengenali karakteristik peserta didik
4. Apa perubahan
konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
Ø Pola
pikir tentang pendidikan yang memerdekakan
Ø Anak
(peserta didik) diberi hak dan kesempatan seluas-luasnya untuk terus belajar
Setuju bu candra yang cantik dan baik hati
BalasHapus