1.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 2_CGP ANGKATAN 4


Refleksi Mingguan Calon Guru Penggerak

Model : Connection, challenge, concept, change (4C)
Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Model ini cocok untuk digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan kunci yang menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu:
  1. Connection: Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai  Calon Guru Penggerak?
  2. Challenge: Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini?
  3. Concept: Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak?
  4. Change: Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini?
Berikut adalah Jurnal refleksi minggu ke 2 dengan konsep 4C

1. Conection :
    Keterkaitan materi yang diperoleh dengan peran saya sebagai guru penggerak      adalah tentang kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran dan menjadikan                peserta didik sebagai pusat dalam kegiatan belajar mengajar.

2. Challenge :
   Pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang selama ini saya    jalankan dalam kegiatan belejar mengajar adalah bahwa saya menuntut peserta didik untuk dapat menyelesaikan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum dan administrasi pembelajaran yang telah saya buat, tanpa mau mengetahui latar belakang maupun kondisi peserta didik yang berbeda - beda, serta minat dan bakat peserta didik.

3. Concept :
  Konsep utama yang saya pelajari dan menurut saya penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak adalah 
  • Bahwa setiap peserta didik memiliki kodratnya masing - masing dan memiliki latar belakang serta minat dan bakat yang berbeda yang harus diketahui oleh saya selaku pendidik.
  • Bahwa saya berkewajiban tidak hanya mengajar (memberikan pengetahuan) sesuai dengan mata pelajaran yang saya ampu, tetapi juga berkewajiban memberikan pendidikan (karakter dan budi pekerti).
  • Bahwa saya tidak hanya selalu menuntut peserta didik untuk dapat menyelesaikan setiap aktivitas pembelajaran tanpa memberikan solusi atau berkolaborasi dan berdiskusi, tetapi saya harus bisa menjadi fasilitator dan penyemangat serta menjadi contoh agar peserta didik memiliki kecakapan hidup.
4. Change :
    Perubahan yang ingin saya lakukan setelah memperoleh materi :
  • Dalam proses belajar mengajar tidak hanya mengutamakan tinggi / rendahnya nilai (pengetahuan) yang diperoleh oleh peserta didik, tetapi juga memperhatikan keterampilan (kecakapan hidup) dalam proses belajar mengajar.
  • Membuat pembelajaran yang lebih menarik dan relevan dengan kodrat jaman dan kodrat alam peserta didik.
  • memberikan kesempatan dan ruang seluas-luasnya kepada peserta didik untuk dapat berkolaborasi dan menuangkan pendapat dalam kegiatan pembelajaran.      

    

Komentar