1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 5_CGP ANGKATAN 4

Model 5: Connection, challenge, concept, change (4C) 

Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Model ini cocok untuk 
digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan kunci yang 
menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu: 

  1. Connection​: Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru Penggerak? 
  2. Challenge​: Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Anda jalankan selama ini? 
  3. Concept​: Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak? 
  4. Change​: Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini? 
Saya akan mencoba merefleksikan kegiatan yang telah saya laksanakan selama satu minggu dalam Jurnal Refleksi Minggu 5

1. Connection :
    Keterkaitan antara materi yang didapat dengan peran Saya sebagai Calon Guru Penggerak adalah bahwa seorang Guru Penggerak harus Mandiri,Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, dan Berpihak kepada murid. Kelima nilai ini merupakan dasar yang harus saya terapkan dalam kegiatan saya sehari - hari sebagai seorang pendidik. Kemandirian sebagai seorang pendidik bukan sekedar menjalankan tugas sendiri tanpa mau berinteraksi dengan sekitar. Yang dimaksud dengan mandiri adalah mau mememulai segala sesuatu pada diri sendiri, tanpa harus menunggu perintah dari orang lain, memiliki inisitif dan mulai tergerak untuk melakukan perubahan yang baik. Reflektif berarti selalu berupaya untuk merefleksikan segala pengalaman yang telah ditemui dalam kesehariannya, dan berupaya untuk selalu melakukan perbaikan. Kolaboratif dapat diartikan sebagai kegiatan bekerja sama dan berbagi tentang hal apa saja yang baik yang telah diperoleh. Seorang pendidik juga harus bisa membuat suatu inovasi baru dalam pembelajaran, karena satu hal yang harus diketahui adalah bahwa peserta didik yang dipercayakan untuk dididik oleh seorang pendidik memiliki kodrat alam dan kodrat jamannya. Inovasi sangat diperlukan agar pembelajaran lebih berpusat pada peserta didik, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeluarkan pendapat, apa yang mereka dapatkan dan mereka tahu dari lingkungannya tentang hal yang telah mereka pelajari. Pendidik bukanlah seorang yang mahatahu yang setiap perkataannya adalah benar dan tidak terbantahkan, tetapi seorang pendidik adalah fasilitator yang menuntun dan membimbing peserta didiknya menuju arah yang baik. 

2. Challenge
    Materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik yang Saya jalankan selama ini adalah untuk selalu berpikir positif dan percaya pada kemampuan dan potensi yang ada dalam diri. Selanjutnya adalah bagaimana untuk mulai menggerakkan lingkungan karena sebuah perubahan akan lebih bermakna jika lingkunganpun mulai bergerak untuk perubahan yang baik. Bagaimana mengubah pola Teacher Center menjadi Student Center, tentunya dimulai dengan berinovasi dalam hal pembelajaran, menanamkan pemahaman bahwa peserta didik dapat belajar dengan siapa saja, belajar dari mana saja yang membawa kebaikan, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan apa yang telah mereka dapatkan.

3. Concept
    Konsep-konsep utama yang Saya pelajari dan menurut Saya penting untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi Guru Penggerak adalah 
  • Nilai Guru Penggerak itu sendiri yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak kepada murid
  • Peran Guru Penggerak yaitu pemimpin pembelajaran, menggerakkan Komunitas Praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong Kolaborasi antar guru, mewujudkan kepemimpinan murid.
4. Change
    Perubahan dalam diri Saya yang ingin Saya lakukan setelah mendapatkan materi pada hari ini adalah menerapkan Nilai dan Peran Guru Penggerak sedikit demi sedikit pada kegiatan sehari-hari, dan memberikan praktik baik yang dapat mempengaruhi lingkungan menuju suatu perubahan untuk kebaikan.


Komentar