1.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Visi Guru Penggerak

 Tujuan Pembelajaran Khusus:

1. CGP dapat merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilalui. 

2. CGP dapat mengambil pembelajaran dari proses kolaborasi dan hasil pekerjaannya sendiri.

Banyak hal telah coba dipelajari melalui 3 pembelajaran sebelumnya. Mari kita membuat refleksi individu 4P atas proses kolaborasi yang telah kelompok Anda lalui di Pembelajaran 3 dalam menyelesaikan tugas pembuatan pemetaan kekuatan dari setiap aset yang dimiliki. Gunakan poin-poin panduan (4P) yang disajikan pada halaman berikutnya untuk menyusun refleksi Anda.
Berikut ini terdapat rubrik yang dapat Anda gunakan sebagai rambu-rambu untuk menjawab pertanyaan di atas.

A. Peristiwa yang terjadi dalam diskusi  yang mengangkat tema tentang Pemetaan Kekuatan Diri CGP :

  1. Berkolaborasi dalam kelompok baru, berarti harus beradaptasi kembali dengan anggota kelompok yang baru. 
  2. Masing - masing anggota kelompok mengeluarkan ide dan pendapatnya, dan menghargai pendapat anggota dan ide dari anggota lainnya.
  3. Saling bekerja sama dalam menyelesaikan tugas diskusi kelompok
  4. Setiap anggota kelompok aktif dalam menyemapaikan ide dan gagasannya dalam membuat peta konsep kekuatan diri CGP.

B. Perasaan yang muncul saat pembelajaran :

  • Saat belajar, awalnya Saya merasa agak bingung dalam pembuatan peta konsep tentang pemetaan kekuatan diri serta menentukan peran dan manfaat dari kekuatan yang dimiliki.  Namun dengan  adanya kerjasama dalam diskusi kelompok, akhirnya Saya dapat menentukan potensi apa saja yang selama ini sudah saya miliki sehingga dapat dibuat pemetaan kekuatan dari diri saya sendiri.
C. Pembelajaran yang diperoleh melalui pemetaan kekuatan diri :
  • Pembelajaran yang Saya peroleh melalui peta kekuatan diri ini adalah bahwa selain kemampuan diri sendiri, kita juga memerlukan dukungan dari Stakeholder, Rekan Kerja (Guru dan Tendik), Orang Tua, Komite Sekolah, serta masyarakat dan lingkungan sebagai aset dalam mencapai Visi serang guru penggerak. Penerapan Nilai dan Peran Guru penggerak akan lebih bermakna jika semua pihak bersatu padu dalam mewujudkan merdeka belajar dan menanamkan Profil Pelajar Pancasila.

D. Perubahan yang akan dilakukan setelah pembelajaran : 

  • Yang perlu Saya pelajari lebih lanjut adalah memahami dan menggali kembali, serta merefleksikan semua potensi diri sendiri sebagai kekuatan diri yang menjadi aset dari diri, serta memnggali kembali semua aset dari luar diri yang telah berperan sebagai pendukung dalam memberikan motivasi, kolaborasi, saran dan masukan. Selanjutnya Saya akan mempelajari bagaimana cara untuk lebih memberdayakan kekuatan diri dan dukungan dari luar diri untuk mewujudkan visi mewujudkan merdeka belajar dan profil pelajar Pancasila.
  • Strategi yang dilakukan adalah membuat daftar kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan dan harus dipertahankan dan dikembangkan lagi, serta memulai kegiatan yang belum terlaksana selama ini dengan tentunya melibatkan seluruh aset dan potensi yang ada di dalam lingkungan sekolah.
Demikianlah Refleksi Terbimbing yang dapat Saya lakukan tentang Visi Guru Penggerak.




Komentar