2.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 10

Facts :

Refleksi terbimbing tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi, Demonstrasi Kontekstual dalam pembuatan RPP berdiferensiasi, Elaborasi bersama Instruktur Sigit Kurniawan yang memandu dalam memecahkan kegelisahan tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi, Mengkoneksikan materi modul 2.1 dengan materi-materi sebelumnya di modul PGP. Untuk berikutnya dapat dilaksanakan dalam sebuah aksi nyata dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.

Feeling

Saya merasa senang dapat mempelajari tentang pembelajaran berdiferensiasi dan membuat kembali rencana pembelajaran yang berdiferensiasi. Saya berusaha untuk memahami langkah-langkah yang dilakukan untuk menyusun pembelajaran yang menyelaraskan dengan karakteristik peserta didik di kelas. Mulai tergambar konten seperti apa saja yang harus saya berikan kepada peserta didik, Proses pembelajaran yang bagaimana yang akan dilakukan dan produk apa saja dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik. Walau demikian masih ada keraguan terhadap saat mengimplementasikan kegiatan pembelajaran yang sudah saya rencanakan, akan kegiatan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan RPP yang telah dibuat.

Finding

Di minggu ini Saya menemukan pengetahuan dan pengalaman baru  sebagai calon guru penggerak dalam menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran. Salah satu aplikasi nyata bagaimana seorang pendidik mengakomodir keberagaman kebutuhan belajar peserta didik dalam  sebuah kegiatan pembelajaran yang berdiferensiasi terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.  Peserta didik akan merasakan bahwa dirinya memiliki kesempatan yang sama dalam mencapai tujuan belajar. Ada keadilan dalam bentuk yang nyata, dalam lingkungan dimana pendidik dan peserta berkolaborasi dalam membangun pertumbuhan dan kesuksesan bersama, dan membangun suasana lingkungan belajar yang positif.

Future

Saya akan mencoba untuk memetakan kebutuhan belajar peserta didik terlebih dahalu sebelum membuat sebuah rencana pembelajaran,  memilih  aktifitas  belajar  yang  sesuai  dengan  gaya  belajar  yang  dimiliki  yang bisa membantu  peserta didik untuk lebih aktif   dan memperoleh  pengalaman belajar   yang  tepat, tidak membosankan. Mempersiapkan kelas dengan kondisi peserta didik benar-benar siap menerima pelajaran. Dan yang paling penting adalah setelah mengetahui kebutuhan belajar siswa seperti yang tersebut di atas, maka saya harus mendiferensiasikan proses, konten dan hasil belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan potensinya. 


https://www.canva.com/design/DAE5gwFFHqM/KJx_HIQ10BLUDSdiRmMsbQ/view?utm_content=DAE5gwFFHqM&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=sharebutton


Komentar