2.1.a.4 - Eksplorasi Mandiri - Pembelajaran Berdiferensiasi

 

2.1.a.4.1 - Forum Diskusi

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan produk.
  2. CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. 

 Setelah menyimak video dan membaca artikel tersebut, Bapak/Ibu akan mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan isi video dan artikel tersebut dengan rekan satu kelas Anda secara asinkron. Anda akan diminta memberikan pendapat tentang isi video dan artikel  yang telah disaksikan dan dibaca tersebut.

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Informasi yang diperoleh dari video pertama tentang pembelajaran berdiferensiasi adalah bahwa      pembelajaran berdiferensiasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mengakomodir semua kebutuhan belajar peserta didik saat mengikuti kegiatan belajar mengajar ditengah adanya keberagaman dari peserta didik itu sendiri.  Aspek  kebutuhan belajar peserta didik dibagi menjadi 3 aspek yaitu :
   a. aspek kesiapan belajar peserta didik berkaitan dengan pemahaman ataupun pengetahuan awal peserta didik    tentang sebuah materi pelajaran.
   b. aspek minat peserta didik yang berkaitan dengan ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran
   c. aspek profil belajar peserta didik yang berkaitan dengan gaya belajarnya.

   Serta strategi diferensiasi pembelajaran yang dapat dilakukan dengan cara mendiferensiasikan konten belajar yang berkaitan dengan apa yang diajarkan kepada peserta didik baik tanggapan maupun kombinasi terhadap kebutuhan belajar peserta didik, proses belajar berkaitan dengan bagaimana peserta didik memahami dan    memaknai informasi yang dipelajari apakah melalui kerja mandiri atau berkelompok    dan juga jumlah bantuan yang guru dapat berikan kepada peserta didik selama proses belajar, serta produk belajar yang berkaitan dengan tagihan hasil belajar.  Sedangkan dari video kedua didapatkan bahwa lingkungan belajar yang efektif dibangun melalui komunitas belajar, dengan kesepakatan bahwa setiap warga di kelas saling menghargai, peserta didik merasa aman, adanya keadilan dan harapan, adanya kolaborasi guru dengan peserta didiknya dalam kegiatan pembelajaran.

2. Gagasan baru apa yang Saya dapatkan dari video dan artikel yang Saya lihat?
   Adanya pemetaan tentang kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar, serta strategi diferensiasi belajar berupa konten, proses, dan produk yang dapat digunakan untuk mengakomodir keberagaman peserta didik di sebuah kelas.

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
   Yang sulit dilakukan menurut saya adalah mengimplementasikan pemebelajaran berdiferensiasi dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari, terutama dalam memetakan aspek kebutuhan belajar peserta didik, karena hal tersebut adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah kegiatan pembelajaran.

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

 Pertanyaan saya adalah berkaitan dengan contoh penerapan langsung proses pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
  

2.1.a.4.2 - DIAGRAM FRAYER




Komentar