2.1.a.5 - Ruang Kolaborasi

 Di Ruang Kolaborasi, CGP diminta untuk merenungkan dan mencoba menjawab dalam pikiran Anda beberapa pertanyaan berikut.

  1. Bagaimana kita dapat memvariasikan materi berdasarkan kesiapan, minat, atau profil belajar murid saya?
  2. Bagaimana kita dapat memvariasikan struktur, tingkat dukungan, dan tingkat kemandirian saat murid menyelesaikan tugas dan membuat produk hasil pembelajaran?
  3. Bagaimana kita bisa memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk mengakomodasi murid dengan berbagai tingkat kesiapan di kelas?
  4. Bagaimana kita dapat memvariasikan sifat produk hasil belajar agar murid dapat menyesuaikannya dengan minat mereka? Bagaimana kita bisa memberikan murid kesempatan untuk memilih bentuk ekspresi yang disukai atau yang sesuai gaya belajar mereka?
  5. Bagaimana proses kerja kelompok membantu kita memahami pembelajaran berdiferensiasi dalam tataran praktis?

Dalam sesi pembelajaran ini, CGP  akan kembali mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan sedikit berbeda, karena CGP tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, melainkan dengan sesama CGP.  Kali ini, kita akan mencoba berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi.  

CGP bersama rekan kelompok akan diminta untuk membuat sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk satu materi yang dapat  dipilih sendiri.  Rencana Pembelajaran berdiferensiasi tersebut dapat dibuat berdasarkan konteks atau kasus nyata yang terjadi di kelas salah satu anggota kelompok CGP atau dapat juga menggunakan contoh kasus yang telah tersedia. 

Berikut adalah salah satu kasus yang didiskusikan dalam ruang kolaborasi :

"Pak Bumi adalah seorang guru bidang studi Sosiologi di Kelas 10. Salah satu Kompetensi Dasar yang harus dikuasai oleh muridnya adalah sebagai berikut:  Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat. 

Setelah mendiskusikan dengan  murid-muridnya, ia menemukan bahwa mereka memiliki ketertarikan yang berbeda. Ada yang tertarik pada isu budaya, ekonomi, lingkungan dan psikologis.

Jika Anda adalah Pak Bumi, pendekatan apa yang akan Anda lakukan untuk mendiferensiasi pembelajaran sehingga murid semangat dan memiliki keterlibatan."

Berdasarkan kasus tersebut CGP bersama dengan anggota kelompok lainnya mendiskusikan tentang kebutuhan belajar dan strategi diferensiasi yang akan digunakan dalam penyusunan RPP Berdiferensiasi. Adapun hasi diskusi kelompok berdasarkan kasus di atas adalah :

1. Kebutuhan belajar : Minat belajar

2. Strategi diferensiasi : Proses, dan Produk

3. RPP menggunakan metode Project Based Learning.









Komentar