Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi. Metode ini dapat diterapkan hampir pada semua mata pelajaran .
Salah satu tantangan yang dihadapi di masa pandemi ini adalah melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring. Hal ini tentunya memerlukan persiapan yang lebih lagi, karena tidak semua peserta didik memiliki latar belakang yang sama sehingga hal inilah yang mendorong seorang guru harus dapat memenuhi kebutahan belajar setiap peserta didik yang beragam sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. Berikut adalah sebuah pemetaan kebutuhan belajar peserta didik yang saya buat di saat sekolah kembali menerapkan PJJ secara Daring.
Pemetaan
Kebutuhan Belajar Peserta Didik
Perencanaan
pembelajaran diferensiasi harus memenuhi tiga aspek. (1) kesiapan belajar, (2) minat
belajar, (3) profil belajar. Untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, maka
langkah yang harus saya lakukan sebagai seorang guru diantaranya. (1) melakukan
survey tentang perangkat yang digunakan peserta didik untuk mengikuti PJJ
secara daring, (2) memberikan solusi untuk peserta didik yang tidak memiliki
perangkat untuk PJJ daring (3) berkolaborasi
dengan wali kelas dan guru bimbingan konseling, (4) bertanya dengan guru mata
pelajaran lainya, (5) melihat hasil capaian nilai siswa sebelumnya, (6) Media
pembelajaran apa yang disukai oleh peserta didik saat PJJ, (7) Kegiatan
pembelajaran seperti apa yang ingin dilakukan oleh peserta didik selama PJJ.
RPP Berdiferensiasi yang saya buat :
RPP
BERDIFERENSIASI
Satuan Pendidikan : SMKN 1 Kuala Kapuas
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Bidang Keahlian : X
/ Bisnis dan Manajemen
Alokasi Waktu :
3 x 2 JP
A. Kompetensi
Dasar
3.6 Menganalisis
limbah di lingkungan sekitar
4.6
Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.6
Menganalisis limbah di lingkungan sekitar |
3.6.1
Peserta didik mengelompokkan limbah di
lingkungan tempat tinggalnya minimal 4 |
4.6 Melakukan penanganan limbah di lingkungan
sekitar |
4.6.1
Peserta didik membuat sebuah produk
dengan memanfaatkan limbah (bahan tidak terpakai) dari lingkungan sekitarnya |
C. Tujuan
Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran peserta didik pada rombongan belajar X MM 1 dan X MM 2 pada
paket keahlian Multimedia, di SMKN 1 Kuala Kapuas mampu
1.
Peserta didik dapat mengelompokkan limbah
di lingkungan tempat tinggalnya minimal 4
2.
Peserta didik dapat membuat sebuah produk dengan
memanfaatkan limbah (bahan tidak terpakai) dari lingkungan sekitarnya
D. Model
Pembelajaran : Flip Classroom + Project Based Learning
E. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
awal :
ü Melalui Whatsapp guru menyapa siswa dan
memastikan semua
ü sudah menerima
share materi pembelajaran dalam
Aplikasi google
classroom
ü Peserta didik
berdoa, dan
saling berkabar kesehatan, tetap patuhi
protokol kesehatan
ü Peserta didik mencermati tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti
Pertemuan 1 :
ü Berdasarkan
materi pemeblajaran yang dibagikan baik dalam video, PPT, PDf yang dibagikan
di GCR, peserta didik membuat resume mengenai Macam-macam limbah, dampak polusi terhadap
lingkungan.
ü Peserta
didik menyelesaikan Penugasan LKPD yang diberikan sesuai dengan tenggat waktu
yang ditentukan. (boleh dilakukan bersama dalam kelompok kerja, boleh juga
secara mandiri)
ü Peserta didik mengerjakan penilaian harian
yang
terintegrasi dalam aplikasi Google formulir
Pertemuan
2 :
ü Guru
memfasilitasi peserta didik dalam membuat rancangan produk
ü Peserta
didik secara mandiri maupun kelompok merancang sebuah produk yang akan dibuat
dengan memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalnya
ü Peserta
didik mengkomunikasikan hasil rancangan produk yang akan dibuat untuk
selanjutnya mendapat masukan dan arahan dari guru.
Pertemuan
3 :
ü Peserta
didik menyerahkan laporan dan hasil produk kreasi limbah yang sudah dibuat.
Kegiatan
penutup
ü Guru
memfasilitasi peserta didik untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang
telah didapatkan.
ü Guru
mengajak peserta didik untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
F. Sumber
Belajar :
1.
Video pembelajaran
2.
Modul ajar
3.
Buku paket IPA untuk kelas X SMK Bidang
Keahlian Bisnis dan Manajemen
G. Penilaian
:
❖ Penilaian harian tertulis secara online dalam
Google classroom Biologi
❖ Ulangan Harian soal Objektif dalam aplikasi
Google Form
❖ Penilaian sikap peserta didik selama
mengikuti Pembelajaran jarak jauh
❖ SKM=60
Kuala
Kapuas, Februari 2022
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru mata
pelajaran
Drs.
During Candra
Christina Oktamaria, S.Pd
NIP. 19621211 199003 1 009 NIP.19811019 200904 2 004
Rubrik Penilaian :
Aspek
yang dinilai |
Nilai
60 |
Nilai
70 |
Nilai
80 |
Nilai
90 |
Nilai
100 |
Pengelompokkan
limbah |
Peserta didik hanya mampu mengelompokkan 1 jenis limbah |
Peserta didik hanya mampu mengelompokkan 2 jenis limbah |
Peserta didik hanya mampu mengelompokkan 3 jenis limbah |
Peserta didik hanya mampu mengelompokkan 4 jenis limbah |
Peserta didik hanya mampu mengelompokkan 5 jenis limbah |
Rancangan
produk pemanfaatan limbah |
Peserta didik
menyajikan rancangan tidak runut dan tidak sistematis |
Peserta didik
menyajikan rancangan kurang runut dan tidak sistematis |
Peserta didik
menyajikan rancangan runut dan tidak sistematis |
Peserta didik
menyajikan rancangan tidak runut dan sistematis |
Peserta didik
menyajikan rancangan secara runut dan sistematis |
Produk |
Tidak
sesuai rancangan |
Kurang
sesuai rancangan |
- |
- |
Sesuai
rancangan |
Komentar
Posting Komentar