Praktik Baik Pemanfaatan Augmented Reality dalam Model Pembelajaran SOLE

Era industi 4.0 telah membawa dampak yang sangat signifikan. Perkembangan Teknlogi Informasi dan Komunikasi yang sedemikian pesat, menjadikan setiap orang terkoneksi satu dengan yang lainnya. Setiap orang dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan yang lainnya tanpa dibatasi oleh jarak. Perkembangan internet, perangkat pintar (komputer dan smartphone) menjadikan dunia yang dahulunya luas menjadi dekat. Kemudahan dalam mengakses dan membuat informasi menjadi salah satu faktor yang seharusnya memberikan keuntungan dalam proses pembelajaran.  








Setiap orang yang terlahir telah dibekali dengan rasa ingin tahu. Kehadiran dan  perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi memberikan kemudahan dalam mengakses informasi. Dua proses ini yang dipertemukan dan di optimalisasi oleh model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments)




               


Model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) menitik beratkan proses

pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siapapun yang berkeinginan untuk belajar dengan  memanfaatkan internet dan perangkat pintar  yang dimilikinya. 

      


Dalam konteks pembelajaran yang dilakukan di Sekolah, model pembelajaran SOLE digunakan oleh guru dalam mengeksplorasi kedalaman pemahaman materi kepada peserta didik dengan memanfaatkan rasa keingintahuan yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. 




Self-Organised Learning Environment (SOLE) adalah metode pembelajaran yang mengkondisikan peserta didik untuk belajar sebagai kelompok, menjawab tugas berupa pertanyaan dengan melakukan investigasi/pencarian menggunakan internet, kemudian peserta didik memaparkan temuan kolektif mereka di depan kelas.  






Dalam pembelajaran dengan Model Pembelajaran SOLE ini, diharapkan peserta didik memiliki kompetensi berupa :



  1. berpikir kreatif
  2. kemampuan memecahkan masalah
  3. kemampuan berkomunikasi
Langkah - langkah kegiatan  model pembelajaran SOLE terdiri dari :
  1. Pertanyaan, yang diajukan guru untuk menarik rasa ingin tahu dari peserta didik tentang materi yang akan dipelajari.
  2. Mengorganisasi, mengelompokkan peserta  didik dalam kelompok kerja
  3. Eksplorasi
  4. Monitoring
  5. Komunikasi
  6. Evaluasi

Rumah Belajar merupakan salah satu portal pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru - guru, salah satunya adalah dengan memanfaatan fitur Augmented Reality

Berikut adalah Praktik Baik Pemanfaatan Augmented Reality dalam Model Pembelajaran SOLE






Komentar