Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta menuangkan pemahamannya atas pemikiran KHD dalam konteks perannya sebagai guru dan interaksinya dengan siswa dan warga sekolah.
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Anda akan membuat sebuah karya (video pendek, komik, lagu, puisi, poster, infografis dll) sebagai bentuk konkret pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi pemahaman Anda tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara sesuai dengan konteks kelas dan sekolah asal Anda.
Sebagai
gambaran, metafora atau perlambang dapat menjadi salah satu cara yang
efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai
asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid
digambarkan sebagai planet yang mengorbiti matahari (simbol nilai
kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi
dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak
(Syahril, 2018).
Selain
metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar
kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan
sesuatu yang menarik mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu,
puisi, gambar, poster metafora,
atau karya apapun tentu akan menyenangkan.
Instruksi Penugasan:
- Buatlah satu karya teks atau verbal atau visual (video pendek/komik/lagu/puisi/poster/infografis) untuk menggambarkan pengetahuan dan pemahaman Anda mengenai pemikiran filosofis KHD dalam konteks Anda sebagai guru, interaksi dengan murid dan warga sekolah.
- Karya itu merupakan sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran KHD.
Komentar
Posting Komentar