1.2.a.6 Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Setelah mengikuti rangkaian pengalaman belajar yang jika tidak dengan sengaja kita maknai pembelajarannya maka semua akan hilang begitu saja. Oleh karena itu, pada bagian ini Saya akan meninjau kembali perjalanan pencarian jati diri sebagai Guru Penggerak. Dengan  mengingat-ingat kembali jawaban saya pada bagian Mulai Dari Diri, terutama pada bagian nilai dan peran Saya. 

Refleksi terbimbing mandiri ini dituntun dengan pertanyaan berupa :

1. Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

   Jawab : Nilai guru penggerak yang ada pada diri saya adalah :

  • Mandiri
  • Reflektif
  • Kolaboratif 
  • Inovatif 
  • Berpihak pada murid

    2. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

       Jawab : 

  • Saya merasa masih belum menerapkan secara menyeluruh nilai - nilai dari guru penggerak,        terutama dalam mengimplementasikannya di dalam kelas. Karena lebih fokus untuk menilai        pengetahuan dan keterampilan peserta didik, dan 
  • Jarang memperhatikan proses yang terjadi di dalamnya serta menganggap bahwa peserta didik selalu sama rata.

    3. Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? 

       Jawab :

  • Mandiri : saya berusaha menambah kompetensi dan kemampuan diri dengan mengikuti kegiatan pelatihan dan bimtek daring. Contohnya mengikuti kegiatan pelatihan daring pembuatan dan Penggunaan Classroom, Pemanfaatan Augmented Reality, Penggunaan Kinemaster yang dilaksanakan oleh Sagusanov IGI, Pemanfaatan Quizizz, dan Pelatihan Akun Belajar.id. 
  • Reflektif : senantiasa merefleksikan dan mengevaluasi diri tentang apa yang telah dilaksanakan dan meperbaiki, 
  • Kolaboratif :  bekerja sama dan membimbing rekan-rekan guru dalam kegiatan pelatihan (IHT)
  • Inovatif : membuat media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tidak bosan saat belajar.
  • Berpihak pada murid : memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyelesaikan tugas dengan tanggung jawab, jika ada yang belum selesai tepat waktu, mencari penyebab kesulitan yang dialami peserta didik saat pembelajaran, memberikan bimbingan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dianggap sulit diselesaikan secara mandiri oleh peserta didik.

    4. Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

       Jawab : 
  • Nilai Guru Penggerak yang harus saya kuatkan adalah Kolaboratif dan Berpihak kepada            murid. Hal ini di dasari pada kesulitan saya untuk mengajak rekan guru dalam bekerja  sama        dalam mengikuti suatu kegiatan. Serta dalam proses pembelajaran saya masih fokus pada penilaian hasil pengetahuan dan keterampilan dan jarang melalukan pengamatan sikap  dan karakter anak.

    5. Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

       Jawab : 

  • Setelah mengetahui peran Guru Penggerak, saya merefleksikan ke apa yang selama ini              telah saya lakukan dan terapkan di kelas 
  • Memotivasi diri untuk lebih menggali potensi diri dalam mengimplemntasikan peran Guru Penggerak dalam kehidupan sehari-hari, sehingga apa yang telah saya terapkan tersebut dapat berimbas pada ekosistem pembelajaran di sekolah.

    6. Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru                  Penggerak?

        Jawab : 

  • Yang bisa saya lakukan untuk diri saya sendiri dalam menguatkan Peran dan Nilai Guru                 Penggerak dalam diri saya adalah selalu menyemangati diri sendiri untuk terus menggali               potensi diri, 
  • banyak membaca dan memahami Nilai dan Peran guru penggerak,                                        menerapkan step by step setiap nilai dan peran tersebut dalam kegiatan sehari - hari dan
  •  selalu merefleksikan diri terhadap apa yang sudah saya terapkan dan apa yang akan saya               terapkan selanjutnya. Tetap menjaga komitmen pribadi sebagai guru penggerak walau                   lingkungan sekitar tidak terlalu mendukung.

    7. Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri            saya?

       Jawab : 

  • Hambatan yang saya hadapi dalam memperkuat peran dan nilai Guru penggerak adalah                  adanya perasaan bahwa saya tidak mendapat dukungan bahkan dianggap terlalu mengada-            ada, 
  • Takut dan cemas bahwa apa yang saya lakukan dan terapkan tidak diterima oleh                      lingkungan.

 Demikianlah Refleksi Terbimbing yang saya lakukan terkait dengan Nilai dan Peran Saya sebagai     Guru  Penggerak.




Komentar