1.3.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 6

  • Facts (Peristiwa) : Pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari materi dan mengerjakan semua tugas yang ada di LMS, di modul 1.3. saya memperi hal baru yaitu  materi ingkuri apresiatif dengan model BAGJA. Saya bersama dengan rekan CGP lainnya berdiskusi tentang kekuatan yang ada pada diri dengan membuat pemetaan kekuatan diri. Pada awalnya materi ini menurut saya cukup menantang dikarenakan CGP diarahkan untuk dapat menggali potensi dan kekuatan yang dimiliki siswa terutama siswa yang biasa-biasa saja. 
  • Feelings (Perasaan) : Tugas seorang guru tidaklah hanya sekedar mengajar dengan memberikan pengetahuan secara teoritis saja, tetapi juga dengan memberikan pengalaman keterampilan hidup yang bisa diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupannya sehari - hari. Selain itu guru juga memmiliki tugas lain yaitu mendidik yang tentunya bukanlah tugas yang yang mudah bagi seorang guru karena kita berkewajiban untuk memberikan yang terbaik untuk semua siswa bukan untuk beberapa orang saja. Hal ini sungguh pekerjaan yang memerlukan perhatian dan konsentrasi yang penuh. Tugas sebagai CGP bukanlah tugas biasa kita harus fokus walau dalam keadaan lelah harus tetap dilakukan dalam keadaan senang sesuai dengan visi yang telah dibuat.
  • Findings (Pembelajaran) : Setelah memahami materi 1.3 yaitu materi yang mengajarkan Saya untuk menggali potensi-potensi pada peserta didik biasa agar menjadi luar biasa memberi kepuasan tersendiri dikarenakan yang biasanya tidak berani berpendapat sekarang sudah menunjukkan suatu keberanian dan hasil yang cukup bagus walaupun terkadang peserta didik masih menunjukkan rasa ragu, tapi keberanian ini sudah muncul dan nampak sehingga Saya akan terus berusaha menjaga kebiasaan baik ini agar menjadikan mereka menjadi pribadi yang berani.
  • Future (Penerapan) : Bekerjasama dengan orang-orang yang tepat segalanya akan terasa ringan karena dilakukan dengan senang dan bersama-sama dan akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Komentar