1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak


Tujuan Pembelajaran Khusus : 

  1. CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
  2. CGP dapat menunjukkan penggalian seluruh kekuatan dan potensi dari dalam dan luar diri pada rencana manajemen perubahannya.

Setelah melihat keterkaitan berbagai materi, Anda tentu memiliki perspektif yang lebih luas yang dapat memperkaya Anda dalam membuat perubahan di lingkungan Anda berkarya. Pada tahapan pembelajaran setelah ini, Anda diminta untuk melakukan sebuah tindakan sebagai implementasi dari pemahaman yang sudah didapat. Oleh karena itu, sebelum melakukan tindakan, rumuskanlah kembali visi yang telah Anda rancang di awal pembelajaran Modul ini. Kaitkan kembali dengan materi yang telah Anda pelajari sebelumnya baik di Modul 1.3 ini maupun di modul sebelumnya (Modul 1.1 mengenai Filosofi Pendidikan dan Modul 1.2 mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak).

 Rumusan Visi

Rumuskan dengan penuh keyakinan, visi pribadi mengenai murid Anda di masa depan dalam 1 kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Anda telah menentukan visi dengan sangat yakin. Keputusan akan visi ini harus Anda jalankan berdasarkan proses perencanaan Inkuiri Apresiatif menggunakan tahapan B-A-G-J-A. Proyeksikan implementasi rencana Anda sampai pada dampak nyata yang akan diperoleh murid Anda atas perubahan yang Anda lakukan tersebut. Pastikan kembali, bahwa ini bukan sekedar untuk menyelesaikan tugas pendidikan sebagai CGP, namun ini Anda lakukan untuk menumbuhkan murid-murid di sekolah/kelas Anda. Oleh karena itu, pertimbangkanlah bagaimana Anda memastikan kontribusi suara dan pandangan murid Anda dalam pembuatan rencana implementasi Anda.

Rancangan Strategi Perubahan

Setelah memutuskan visi pribadi yang ingin Anda capai mengenai murid Anda di masa depan, maka buatlah rancangan mengenai strategi perubahan yang akan Anda lakukan berdasarkan pendekatan IA dengan tahapan B-A-G-J-A. Ingat kembali latihan yang telah Anda lakukan pada studi kasus di Pembelajaran 5 : Demonstrasi Kontekstual. 

https://www.canva.com/design/DAExoFqetcM/rhOsPfqv-zDMUZPsncWzaw/view?utm_content=DAExoFqetcM&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=sharebutton

Komentar