1.4.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 7

 Model 8: Model Driscoll 

Model ini diadaptasi dari refleksi yang digunakan pada praktik klinis (Driscoll & Teh, 2001). Model 

yang dikenal dengan Model “What?” ini pada dasarnya terdiri dari 3 bagian, namun dapat 

dikembangkan dengan berbagai variasi bergantung pada pertanyaan detail yang dipilih. 

1)WHAT? (Deskripsi dari peristiwa yang terjadi) 

-Apa yang terjadi? 

-Apa yang saya lihat/dengar/alami? 

-Apa reaksi saya pada saat itu? 

-Apa yang orang lain lakukan pada saat peristiwa itu terjadi? 

 

2)SO WHAT? (Analisis dari peristiwa yang terjadi) 

-Bagaimana perasaan saya pada saat peristiwa itu terjadi? 

-Apakah yang saya rasakan sama/berbeda dengan orang yang mengalami kejadian 

yang sama? 

-Apakah saya masih merasakan perasaan/dampak yang sama jika dibandingkan 

dengan perasaan/dampak langsung setelah peristiwa? 

-Kecenderungan apa yang saya amati dari diri saya ketika menghadapi peristiwa 

serupa? 

-Mengapa saya bisa memiliki kecenderungan tersebut? 

-Setelah mengalami peristiwa tersebut, apa hal yang berubah dari pendapat, 

pemikiran, atau apapun yang Anda yakini sebelumnya? 

 

3)NOW WHAT? (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi) 

-Apakah kejadiannya akan berbeda jika pada saat itu saya mengambil langkah yang 

berbeda? 

-Di mana saya bisa mendapatkan informasi tambahan agar bisa siap ketika 

menghadapi peristiwa serupa di masa depan? 

-Dukungan apa yang saya butuhkan agar bisa menindaklanjuti refleksi saya? 

-Bagian mana yang sebaiknya saya kerjakan lebih dulu? 

-Setelah Anda melakukan pembelajaran ini, apa hal baru yang ingin Anda bagikan 

kepada rekan atau lingkungan Anda?

Komentar