2.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 12

 JURNAL REFLEKSI MINGGU 12
MODEL DRISCOLL


Model ini diadaptasi dari refleksi yang digunakan pada praktik klinis (Driscoll & Teh, 2001). Model yang dikenal dengan Model “What?” ini pada dasarnya terdiri dari 3 bagian, namun dapat dikembangkan dengan berbagai variasi bergantung pada pertanyaan detail yang dipilih.

WHAT? (Deskripsi dari peristiwa yang terjadi)

Di Sepanjang minggu ini, kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah  eksplorasi konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional. Saya mengamati video tentang pembelajaran sosial-emosional, mindfulness, cara kerja otak, teknik STOP, membaca bahan bacaan tentang kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Saya juga mempraktikkan teknik STOP. Dalam sesi diskusi asinkron, saya membedah lima kasus yang disajikan, memberikan analisis dan kemungkinan-kemungkinan, kemudian mempostingnya dalam forum diskusi untuk didiskusikan bersama rekan CGP lainnya.


SO WHAT? (Analisis dari peristiwa yang terjadi)

Saat mempelajari modul ini, terutama di bagian Eksplorasi Konsep, dimana saya dihadapkan pada 5 Kasus yang dialami oleh Pak Eling. Saya merasa semua kasus tersebut mirip dengan apa yang sering Saya alami, dimana disaat yang bersamaan Saya harus menyelesaikan tugas lainnya, disamping tugas utama sebagai seorang pendidik. Tidak jarang situasi seperti itu selalu membuat Saya harus berfikir keras bagaimana caranya agara Saya bisa menyelesaikan semua tugas tersebut dengan baik, tanpa harus mengesampingkan tugas utama sebagai seorang pendidik. Eksplorasi Konsep melalui kasus yang diberikan membuat Saya merasa tenang dan terbantu, untuk bagaimana menentukan langkah yang tepat sebelum Saya menyelesikan tugas-tugas yang diberikan.

NOW WHAT? (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi)
Setelah mempelajari modul ini, Saya akan menerapkan Mindfullness pada diri Saya, agar Saya lebih bisa mengelola segala emosi yang ada pada saat mengalami situasi dimana Saya harus menyelesaikan tugas yang berbeda dalam waktu bersamaan. Pentingnya pengelolaan diri secara emosional dan sosial akan membantu Saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tenang dalam menghadapi segala situasi, bisa menentukan skala prioritas pekerjaan dan tugas, tahu bagaimana harus bersikap dan mengambil keputusan yang bertanggungjawab.

Demikianlah Refleksi Kegiatan Pembelajaran yang Saya lakukan setelah mengikuti materi 2.2.a.4 Eksplorasi Konsep.

Komentar