3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Khusus:  

CGP dapat mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang keempat paradigma dilema etika, ketiga prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengujian keputusan pada konteks di sekolah asal masing-masing.

Tahapan Demonstrasi Kontekstual ini merupakan wadah bagi Anda untuk menunjukkan pemahaman Anda mengenai keseluruhan materi. Anda diberi kesempatan untuk “membumikan” materi di modul ini dengan konteks lokal yang Anda hadapi. 

Panduan Pertanyaan/Guiding Questions:

  • Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
Jawab : Yang saya lakukan untuk mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Saya dapatkan dalam Pendidikan Guru Penggerak adalah dengan terlebih dahulu berkomunikasi dengan Kepala Sekolah dan juga Pengawas Pembina tentang penyampaian berbagi praktik baik dalam pengambilan keputusan. Selanjutnya meminta waktu untuk dapat menyampaikannya kepada rekan-rekan guru lainnya di sekolah saya, serta melalukan studi kasus seperti yang Saya dapatkan di LMS, atau menelaah kasus yang terjadi di sekolah dan keputusan yang di ambil dengan menerapkan 4 paradigma dilema etika, 3 prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengambilan keputusan. Sehingga dengan adanya berbagi praktik baik tentang pengambilan keputusan ini akan dapat membantu saya dan rekan-rekan guru lebih bijaksana lagi dalam membuat sebuah keputusan yang berpihak pada murid.
  • Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Jawab :  langkah awal yang saya lakukan untuk memulai mengambil sebuah keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran tentunya dengan menelaah situasi berdasarkan bujukan moral ataukah dilema etika, kemudian mencari paradigma apa yang melatarbelakangi kondisi tersebut, menentukan resolusi prinsip pengmbilan keputusan, serta menerapkan 9 langkah pengambilan keputusan. Tentunya juga dengan melibatkan dan berkomunikasi terlebih dahulu dengan kepala sekolah, dan rekan-rekan guru. 
  • Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.
Jawab : Langkah-langkah tersebut akan saya terapkan disetiap situasi yang saya dan rekan-rekan guru hadapi, kapanpun situasi dimana harus dibuat sebuah keputusan maka disitulah akan diterapkan 9 langkah pengambilan keputusan dalam dilema etika.
  • Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.
Jawab : Yang mendampingi saya dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran tentunya kepala sekolah, dan rekan dalam komunitas praktisi serta rekan-rekan CGP Angkatan 4 kabupaten Kapuas

Komentar